Minggu, 08 November 2015

pengertian website

Pengertian WebsiteKita mungkin sudah pernah mendengar kata website di dunia maya, pengertian website sendiri adalah merupakan halaman situs sistem informasi yang diakses secara cepat dalam bentuk suara, gambar maupun tulisan. Website diciptakan didasari dari adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Jaringan yang dikenal dengan istilah internet secara terus-menerus menjadi pesan–pesan elektronik, termasuk e-mail, transmisi file, dan komunikasi dua arah antar individu atau komputer.
Halaman web umumnya berupa dokumen dalam format HTML ( Hyper Text Markup Language ), yang bisa diakses melalui HTTP, yaitu sebuah protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser dan Website atau situs dapat juga diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman.
Jenis Website
ada 3 jenis website yaitu website statis, website dinamis, website interaktif berikut penjelasanya.
Website Statis
Merupakan website yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari situs itu. hal ini disebabkan script/code HTML yang digunakan untuk membuat web statis tidak mendukung untuk mengubah isi dokumen tersebut.
Website Dinamis
Adalah website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya.
Jadi perubahan content atau isi dokumen dalam sebuah web dinamis tidak perlu memiliki keahlian programming atau seorang programmer saja yang dapat mengubah isi dokumen pada web dinamis. Untuk membuat web dinamis diperlukan beberapa komponen yaitu client side  scripting ( HTML, JavaScript, Casing Style Sheet atau CSS) dan server side scripting seperti PHP dan program basis data seperti database MySQL untuk menyimpan data – data yang ada di web dinamis. Contohnya Web Berita, Personal Blog, Toko Online/Web Pasng Iklan, dll.
Website Interaktif
Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang banyak dibuat. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa bertanya, menjawab, berkomentar dan ber adu argument atau membahas permasalahan mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak melenceng dari alur pembicaraan.
Unsur Penunjang website
Untuk membangun sebuah web yang baik diperlukan unsur-unsur penunjangnya diantaranya
Nama Domain
Nama domain atau URL merupakan alamat yang digunakan di dunia internet untuk mengenali sebuah website atau juga disebut dengan domain contoh ilmupedia.net.
Web hosting
Merupakan unsur yang sangat penting dalam membangun situs website, web hosting itu sendiri adalah sebuah ruangan yang terdapat di dalam harddisk yang merupakan tempat untuk menyimpan file, gambar, data, dll. Semakin besar kapasitas web hosting semakin besar pula data yang dapat ditampilkan dalam website.
Bahasa Pemrograman
Bahasa program Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website yang pada saat diakses. Jenis bahasa program sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah website. Semakin banyak ragam bahasa program yang digunakan maka akan terlihat website semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Beragam bahasa program saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas website.
d. Desain website
Unsur website yang penting dan utama adalah desain. Desain website menentukan kualitas dan keindahan sebuah website. Desain sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website. Serta mempengaruhi dengan kenyamanan konsumen atau pembaca.
e. Publikasi website.
Keberadaan seakan kekurangan makna dan nilai kegunaannya jika dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantung dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi.
Demikian Artikel singkat mengenai Pengertian website semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar