Minggu, 08 November 2015

manfaat collagen

Manfaat Collagen Bagi sebagian orang, mungkin selama ini hanya mengenal vitamin C dan  A yang dikenal mampu menghambat dan mengurangi keriput sebagai ciri proses penuaan, tetapi mungkin anda belum tahu bahwa vitamin-vitamin tersebut dan nutrisi lain yang dibutuhkan kulit tersebut adalah pembentuk  kolagen ( dalam bahasa inggris ditulis colagen atau collagen) dan manfaat kolagen untuk kulit adalah menjaga elastisitas kulit agar tetap  awet muda hingga memperlambat kekeringan dan keriput pada kulit.
Kolagen adalah salah satu protein yang paling banyak terkandung  di dalam tubuh kita. Sekitar 25-30 persen protein yang ada di dalam tubuh dibuat dari kolagen. Kolagen banyak  terdapat pada lapisan dermis yaitu lapisan terbawah dalam kulit juga pada jaringan penghubung ( connective tissue ) seperti otot tendon dan tulang rawan.
Manfaat dan fungsi collagen
Fungsi kolagen adalah  membantu proses pembentukan kulit dan meningkatkan daya elastis kulit.  Protein ini penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan lentur. Seiring bertambahnya usia, kolagen pada kulit mulai memecah dan kaku. Saat kulit kita masih sehat dan ketika usia  masih muda, helaian-helaian kolagen meluncur dengan mudah satu sama lain sehingga kulit kembali normal setelah kita meregangkan wajah karena tersenyum atau mengerutkan dahi. Namun seiring bertambahnya usia, kolagen mulai melebur hingga kulit kehilangan elastisitas dan tidak kembali normal.
Kita akan selalu membutuhkan suplai kolagen dalam jumlah yang cukup. Namun tak mudah memelihara dan mendapatkan bahan ini. Mulai usia sekitar 25 tahun, sebanyak 1,5 persen kolagen hilang dari tubuh setiap tahunnya. Jumlah itu bisa saja bertambah jika gaya hidup tidak sehat dan asupan nutrisi yang kurang dalam pemenuhan kolagen.
Untuk memaksimalkan fungsi kolagen, jagalah persediaan kolagen di dalam tubuh dengan gaya hidup sehat serta nutrisi untuk mempertahankan jumlah kolagen dalam tubuh.
Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga jumlah kolagen dalam tubuh :
  • Banyak mengkonsumsi vitamin C : Manfaat vitamin C banyak sekali hingga ada yang menjuluki rajanya vitamin. Umumnya vitamin C dikenal sebagai antioksidan melawan radikal bebas dan menguatkan sistem imun. Namun fungsi lain vitamin C banyak sekali di antaranya adalah meningkatkan pertumbuhan kolagen.
  • Banyak mengkonsumsi vitamin A : Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir. Memperbanyak asupan vitamin A juga dapat merangsang pertumbuhan alami kolagen.
  • Hindari minuman berkafein dan makanan asin : Garam mengakibatkan tubuh mengikat molekul air lebih banyak. Hal ini menyebabkan cairan tidak dapat mengalir ke bagian tubuh yang berkulit tipis. Lapisan dermis pun mengalami kekeringan hingga merusak serat kolagen. Minum air putih yang banyak sekitar 8 gelas sehari juga merupakan salah satu cara mengurangi kekeringan pada lapisan kulit.
  • Rajin  berolahraga : Lemak yang menumpuk dibawah lapisan kulit bisa merusak kolagen hingga membuat kulit kendur dan keriput. Dengan olahraga, tumpukan lemak bisa dihambat dan sirkulasi darah bisa lebih lancar. Lakukan olahraga dengan teratur sekitar 30 menit perhari.
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 : Asam lemak omega 3 dapat membantu sel-sel dalam tubuh bekerja dengan baik dan menghindari peradangan sel. Ketika sel melemah, tubuh tidak dapat membangun kolagen secara efektif. Asam lemak omega 3 banyak terdapat pada ikan dan kacang-kacangan.
  • Gunakan tabir surya : Kulit yang terpapar sinar matahari akan mengalami kerusakan dan kulit yang rusak tidak  mampu memproduksi kolagen. Hindarilah terlalu lama terpapar sinar matahari dalam satu waktu. Penggunaan tabir surya adalah salah satu pilihan untuk melindungi kulit dari terik matahari.
  • Gunakan suplemen  kolagen : Makanan yang masuk ke dalam tubuh seringkali tidak bisa memenuhi kebutuhan pertumbuhan kolagen. Mengkonsumsi suplemen kolagen akan mengisi kembali persediaan kolagen dalam tubuh yang berkurang dari waktu ke waktu. Selain menghidupkan kembali kulit, menjaga kulit tetap sehat, mengurangi keriput dan kekeringan, asupan suplemen kolagen yang cukup dan teratur juga berfungsi menguatkan kuku dan memperbaiki kondisi rambut. Suplemen kolagen paling baik dikonsumsi sebelum berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lain. Saat itu fungsi kolagen menjadi maksimal dengan meningkatkan energi serta performa Anda. Suplemen kolagen ini juga menjaga dan mengisi kembali massa otot untuk meningkatkan pengambilan lemak tubuh sehingga berperan dalam mengendalikan berat badan. Suplemen bisa berbentuk minuman kolagen atau sabun mandi yang mengandung kolagen.
Dengan gaya hidup sehat dan menjaga asupan kolagen dalam tubuh serta menghindari makanan atau perilaku yang dapat mengurangi maupun merusak pertumbuhan kolagen dalam tubuh,  maka kulit yang sehat dan awet muda akan terpelihara  secara alami. Penggunaan suntik kolagen maupun suntik silikon untuk mendapatkan kulit yang kencang secara instan sebaiknya dihindari. Suntik kolagen atau silikon secara sembarangan bisa beresiko terhadap kesehatan bahkan bisa berujung kepada kematian.
Demikan artikel singkat manfaat dan fungsi collagen. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar