Minggu, 08 November 2015

manfaat dan fungsi senam yoga

Manfaat dan fungsi senam yoga Bila sekitar 20 tahun yang lalu tidak banyak orang yang mengenal senam yoga, saat ini senam yoga lebih familiar dan digemari banyak orang. Sanggar yoga hampir bisa kita temui di sekitar kita. Walaupun penggemar senam yoga masih terbatas pada kalangan middle end, namun senam yoga tetap mempunyai penggemar tersendiri. Kata Yoga sebenarnya berasal dari bahasa Sansakerta, “Yuj” yang berarti penyatuan. Penyatuan dalam hal ini berarti penyatuan antara spirit dengan spirit universal. Penyatuan antara tubuh, pikiran, serta jiwa dan penyatuan antara tubuh, napas, dan pikiran.
Penjelasan dan fungsi senam yoga 
Senam yoga telah dikembangkan di India ribuan tahun yang lalu. Senam yoga sendiri telah teruji mampu memberikan manfaat kesehatan kepada para pelakunya. Senam yoga merupakan kebenaran universal sehingga tidak terikat pada suatu agama tertentu. Setiap orang dari agama apapun boleh melakukan senam yoga. Karena senam yoga dipercaya mampu memberikan berbagai manfaat positif bagi setiap orang yang menjalankannya. Bahkan bagi orang hamil sekalipun senam yoga tetap bisa memberikan manfaat, dengan catatan dilakukan dengan berbagai macam penyesuaian.
Berikut ini adalah fungsi dari senam yoga:
  • Memperkuat tubuh
  • Meningkatkan stamina
  • Mengencangkan otot
  • Memberikan efek perasaan yang tenang
  • Mengobati berbagai macam penyakit. Misal: menghilangkan gejala asma, back pain, hipertensi, dll
  • Menghilangkan kebiasaan merokok
  • Meningkatkan daya ingat
  • Bagi ibu hamil, yoga membantu memberikan rasa tenang dan nyaman sehingga bisa memperlancar proses melahirkan
  • Meningkatkan fungsi kelenjar endokrin di dalam tubuh
  • Meningkatkan sirkulsi darh ke seluruh sel tubuh dan otak
  • Membantu membentuk postur tubuh yang lebih tegap
  • Membuat otot lebih lentur dan kuat
  • Meningkatkan kapasitas paru-paru saat bernafas
  • Membuang racun di dalam tubuh
Macam-Macam Gerakan Yoga
Setiap gerakan dalam senam Yoga memiliki fungsinya masing-masing. Dari semua gerakan tentu saja memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Misalnya saja untuk membuat rileks, menghilangkan pegal-pegal, memerindah bentuk tubuh, dan lain sebagainya.
Inilah nama-nama gerakan yoga yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh Anda.
1.Gerakan Pigeon. Gerakan ini berfungsi untuk meredakan nyeri punggung. Gerakan ini membuat Anda menggerakan pinggul Anda sehingga nyeri punggung bisa reda.
Cara melakukan gerakan ini adalah Anda harus duduk di atas matras kemudian simpan kaki sebelah kanan sambil ditekuk ke arah dalam (seperti duduk bersila, tapi hanya kaki kanan saja). Sementara itu kaki kiri berada di belakang dan perlahan tarik ke atas, kemudian badan Anda dibengkokkan kebelakang sambil tangan memegang kaki kiri yang terangkat. Lakukan gerakan secara bergantian, antara kaki kanan dan kiri.
2. Gerakan Legs-up-the-wall. Gerakan ini bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, gerakan Legs-up-the-wall juga bisa meredakan stres Anda. Gerakan ini dapat membuat peredaran darah semakin teratur.
Gerakan yoga ini sangat gampang. Anda tinggal berbaring diatas matras, dekatkan matras dengan tembok. Saat berbaring, angkat kedua kaki Anda lurus menempel ke tembok. Lalu, biarkan tangan berada di atas kepala, seperti membentuk huruf O di atas kepala.
3. Gerakan Seated spinal twist. Gerakan ini cocok untuk Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Melakukan berbagai gerakan yoga memang dapat membuat tubuh seseorang menjadi lebih langsing dan indah. Terutama gerakan yang satu ini.
4. Gerakan Goddess Pose. Gerakan ini membantu mengurangi penyakit insomnia Anda. Pada dasarnya, seseorang bisa mengalami insomnia karena beban pikiran. Oleh karena itu, tubuh akan sulit untuk rileks. Nah, gerakan ini bisa membuat tubuh Anda rileks, menghilangkan stres, dan membuat tidur Anda nyenyak.
Cara melakukan gerakan ini adalah siapkan sesuatu yang tebal, seperti bantal misalnya. Rebahkan tubuh Anda dan letakkan bantal di kepala hingga ke punggung. Lipat kedua kaki Anda ke dala, seperti duduk bersila, telapak kaki kanan dan kiri Anda saling bersentuhan. Kemudian letakkan sesuatu yang tebal juga di kedua kaki Anda, tepat di paha sebelah kiri dan kanan.
Untuk pengganjal di bagian punggung usahakan lebih tebal dari yg di kepala dan kaki. Sehingga bagian punggung Anda akan terangkat dan dada membusung ke depan. Letakkan tangan se-rileks mungkin, letakan di samping badan Anda sambil sedikit direntangkan.
5. Gerakan Headstand against the wall. Berfungsi untuk menenangkan pikiran
Demikian artikel singkat mengenai manfaat dan fungsi senam yoga. Semoga bermanfaat

6 komentar:

  1. untuk senam yoga adakah rekomendari baju senam bagi pemula?

    BalasHapus
  2. salam kenal sis ..Blognya sangant membantu sekaliii...
    Ternyata Banyak juga ya Maanfaat dari senam yoga... dan klo untuk ibu hamil Manfaatnya apasaja sis ..? dan apakah ada baju senam terbaru yg sanggat disarankan untuk ibu hamil?
    Mohon Pencerahannya dan Moga sukses...

    BalasHapus
  3. thank kak untuk info nya, oh iya kak bisa info tentang pakaian olahraga online di daerah surabaya

    BalasHapus
  4. Salam kenal Gan
    apakah dibolehkan menggabungkan antara senam yoga dan senam aerobik untuk bertujuan menurunkan berat badan secara cepat? menurut Gan baju senam muslimah murah bermerk apa yaa yang paling nyaman dipakek senam?

    BalasHapus
  5. Thank kak for info, bisa sekalian berbagi tetang toko baju senam yang daerah surabaya

    BalasHapus
  6. hai....salam kenal..
    semoga makin sukses blognya..
    boleh nanya gak,,?
    kalo nyari baju senam murah di daerah surabaya gimana caranya ya??

    BalasHapus