Minggu, 08 November 2015

konsep dasar ilmu keperawatan

Konsep dasar ilmu keperawatan Keperawatan adalah bagian dari pelayanan kesehatan masyarakat, Perawat ikut menentukan mutu dari pelayanan kesehatan. Tenaga keperawatan secara keseluruhan jumlahnya mendominasi tenaga kesehatan yang ada, dimana keperawatan memberikan konstribusi yang unik terhadap bentuk pelayanan kesehatan sebagai satu kesatuan yang relatif, berkelanjutan, koordinatif dan advokatif. Keperawatan sebagai suatu profesi menekankan kepada bentuk pelayanan professional yang sesuai dengan standart dengan memperhatikan kaidah etik dan moral sehingga pelayanan yang diberikan dapat diterima oleh masyarakat dengan baik.
Menurut beberapa ahli, pengertian keperawatan di definisikan sebagai berikut:
  • Florence Nightingale (1895) : mendefinisikan keperawatan adalah menempatkan pasien dalam kondisi paling baik bagi alam dan isinya untuk bertindak.
  • Calilista Roy (1976) : mendefinisikan keperawatan merupakan definisi ilmiah yang berorientasi kepada praktik keperawatan yang memiliki sekumpulan pengetahuan untuk memberikan pelayanan kepada klien.
Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa keperawatan adalah upaya pemberian pelayanan/asuhan yang bersifat humanistic dan professional, holistic berdasarkan ilmu dan kiat, standart pelayanan dengan berpegang teguh kepada kode etik yang melandasi perawat profesional secara mandiri atau melalui upaya kolaborasi.
Beberapa Proses Keperawatan didasarkan pada suatu teori ilmu yang sangat luas
1. Proses Keperawatan :
  • Metode, dimana suatu konsep diterapkan dalam praktik keperawatan disebut juga sebagai suatu pendekatan Problem-Solving yang memerlukan ilmu, teknik dan keterampilan interpersonal dan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pasien dan keluarga.
  • Proses Keperawatan terdiri atas 5 tahapan yang saling berhubungan :
    • Pengkajian
    • Diagnosis
    • Perencanaan
    • Pelaksanaan
    • Dan Evaluasi
Lima tahap tersebut berintegrasi terhadap fungsi intelektual Problem-Solving dalam mendefinisikan suatu tindakan keperawatan.
2. Tujuan
Proses Keperawatan secara umum adalah untuk membuat suatu kerangka konsep berdasarkan kebutuhan individu, klien, keluarga, dan masyarakat dapat terpenuhi.
Tindakan yang ditujukan untuk memenuhi tujuan keperawatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar